SAMARINDA KOTA TEPIAN, AYO JADIKAN SAMARINDA HIJAU

Tentang Blog

Blog Yang Di Khususkan Untuk Memberitahukan Tentang Kota Samarinda Yang Meliputi Kebudayaan Khas Kota Samarinda, Makanan Khas Kota Samarinda, Tempat-tempat Wisata Yang Ada Disamarinda Yang Belum Banyak Di Ketahui Orang. Saya Orang Nya Pengen Nya Update Terus Dan Katanya Pengen Di Kenal Sama Dunia, Mempunyai Ambisi Yang Besar Menjadi The Next Steve Jobs, Suka Ngoding Mandi Cukup 1(Satu) kali Sehari.. Kalau Bosan Ya Nge-Desain Selalu Menunggu Jam 12 Malam Untuk Bisa Mengakses Internet, Siang Jadi Malam , Malam Jadi Siang, Semangat Belajar Adalah Kuncinya Dan Sholat Adalah Pemicunya. :)

Blogger By :

Muhammad Reza Padillah

Facebook :

bit.ly/rezapadillah

Twitter :

bit.ly/twet-reza

Last Artikel

Artikel Atau Postingan

Gor Segiri Samarinda


Sejarah Kota Samarinda


Yukk Lihat-lihat Masjid Islami Center


Air Tejun Tanah Merah Samarinda


Kompleks Citra Niaga Samarinda


Tips Berbelanja Di Citra Niaga


K3 Samarinda


Sarung Khas Kota Samarinda

  • Wisata Mahakam

    Ayo Sobat Blogger Semuanya Kenalin Dan Kunjungin Wisata Dan Budaya Kota Samarinda

  • Wisata Mahakam

    Grup : Bubuhan Samarinda

  • Wisata Mahakam

    Samarinda Global City

  • Wisata Mahakam

    Sarung Samarinda Adalah Sarung Khas Kota Samarinda

  • Wisata Mahakam

    Masjid Islamic Centre Samarinda Masjid Kebanggan Orang Samarinda

  • Wisata Mahakam

    Citra Niaga Samarinda Kompleks Jual Beli Barang Terbesar Di Samarinda

  • Wisata Mahakam

    Wisata Alam Air Terjun Tanah Merah Buat Liburan Keluarga

  • Wisata Mahakam

    1500 Total Tayangan Wisata Mahakam

Minggu, 06 Juli 2014

Sejarah Kota Samarinda




Assalamualaikum WR.WB 



Sallam Blogger Samarinda ! Kota SAMARINDA Yap Siapa Yang Sekarang Tidak Mengenal Dengan Kota Yang Di Kenal Dengan Pesut Mahakam Ini, Kota Indah Ini Juga Adalah Ibukota Provinsi Kalimantan Timur  Kota Yang Juga Cukup Terkenal Karena Masjid Nya Yang Megah Dan Indah Yaitu Islamic Centre Samarinda.. Oh Iya Simak Juga Ya Nanti Saya Akan Memposting Tentang Masjid Yang Megah Dan Indah Itu.


Seperti Kata Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang.. Nah Maka Dari Itu Kita Ketahui Dulu Yukk Sejarah Kota Mahakam Ini :) 

Sungai Mahakam Dan Masjid Islamic Centre : Images By : http://redaksiyadi.blogspot.com/
Samarinda yang dikenal sebagai kota seperti saat ini dulunya adalah salah satu wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Di wilayah tersebut belum ada sebuah desa pun berdiri, apalagi kota. Sampai pertengahan abad ke-17, wilayah Samarinda merupakan lahan persawahan dan perladangan beberapa penduduk. Lahan persawahan dan perladangan itu umumnya dipusatkan di sepanjang tepi Sungai Karang Mumus dan sungai Karang Asam.

" Pada tahun 1668, rombongan orang-orang Bugis Wajo yang dipimpin La Mohang Daeng Mangkona (bergelar Pua Ado) hijrah dari tanah Kesultanan Gowa ke Kesultanan Kutai. Mereka hijra ke luar pulau hingga ke Kesultanan Kutai karena mereka tidak mau tunduk dan patuh terhadap Perjanjian Bongaya setelah Kesultanan Gowa kalah akibat diserang oleh pasukan Belanda. Kedatangan orang-orang Bugis Wajo dari Kerajaan Gowa itu diterima dengan baik oleh Sultan Kutai.
Atas kesepakatan dan perjanjian, oleh Raja Kutai rombongan tersebut diberikan lokasi sekitar kampung melantai, suatu daerah dataran rendah yang baik untuk usaha pertanian, perikanan dan perdagangan. Sesuai dengan perjanjian bahwa orang-orang Bugis Wajo harus membantu segala kepentingan Raja Kutai, terutama di dalam menghadapi musuh.

Semua rombongan tersebut memilih daerah sekitar muara Karang Mumus (daerah Selili seberang) tetapi daerah ini menimbulkan kesulitan di dalam pelayaran karena daerah yang berarus putar (berulak) dengan banyak kotoran sungai. Selain itu dengan latar belakang gunung-gunung (Gunung Selili).

Sekitar tahun 1668, Sultan yang dipertuan Kerajaan Kutai memerintahkan Pua Ado bersama pengikutnya yang asal tanah Sulawesi membuka perkampungan di Tanah Rendah. Pembukaan perkampungan ini dimaksud Sultan Kutai, sebagai daerah pertahanan dari serangan bajak laut asal Filipina yang sering melakukan perampokan di berbagai daerah pantai wilayah kerajaan Kutai Kartanegara. Selain itu, Sultan yang dikenal bijaksana ini memang bermaksud memberikan tempat bagi masyarakat Bugis yang mencari suaka ke Kutai akibat peperangan di daerah asal mereka. Perkampungan tersebut oleh Sultan Kutai diberi nama Sama Rendah. Nama ini tentunya bukan asal sebut. Sama Rendah dimaksudkan agar semua penduduk, baik asli maupun pendatang, berderajat sama. Tidak ada perbedaan antara orang Bugis, Kutai, Banjar dan suku lainnya.

Dengan rumah rakit yang berada di atas air, harus sama tinggi antara rumah satu dengan yang lainnya, melambangkan tidak ada perbedaan derajat apakah bangsawan atau tidak, semua "sama" derajatnya dengan lokasi yang berada di sekitar muara sungai yang berulak dan di kiri kanan sungai daratan atau "rendah". Diperkirakan dari istilah inilah lokasi pemukiman baru tersebut dinamakan Samarenda atau lama-kelamaan ejaan Samarinda. Istilah atau nama itu memang sesuai dengan keadaan lahan atau lokasi yang terdiri atas dataran rendah dan daerah persawahan yang subur. "


- SUMBER Dari Situs Resmi Kota Samarinda ( http://www.samarindakota.go.id/content/sejarah-kota-samarinda )



Nah Menelisik Dari Sejarahnya Dapat Saya Dan Sobat Blogger Simpulkan Dong, Yang Pasti Kota Saya Tercinta Ini Penuh Akan Budaya Adat Istiadat Dan Tempat Wisatanya, Namun Sayang Sekali Tempat-tempat Wisata Nan Indah Dan Budaya Nya Yang Kental Masih Belum Ter-Publish Di Masyarakat Maka Dari Itu Saya Dari Hobi Blogging Ini Saya Pengen Memperkenalkan Kota Samarinda Ke Indonesia Dan Ke Mancanegara.. Bahwa Indonesia Memiliki Kota Yang Bersih,Kental Akan Budaya,Dan Tempat Wisatanya :)

Ini Nih Gambar Beberapa Tempat , Di Kota Samarinda Yang Bisa Kita Kunjungin Apabila Sobat Blogger Dari Seluruh Indonesia Mengunjunginya ;


Images By : Upload.Wikipedia.Org

10 komentar:

  1. wah di smd tempat nya keren-keren gan.. saya pernah mengunjungi masjid islamic sangat besar gan :D

    BalasHapus
  2. ouh jadi gini sejarahnya

    Indah banget tempat tempatnya ya..:D

    Nice Info gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Gan.. Di Tunggu Ya Info Tentang Samarinda Lainnya :D

      Hapus
  3. pengen maen ke samarinda gan ,, sekalian foto" disana . . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak Object-object Kok Yang Mau Di Foto Di Samarinda Gan...:D

      Hapus
  4. masjidnya megah sekali mas, kita harus tau nih sejarahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Saya Udah Ada Posting Tentang Masjid Islamic Centre Nya -> http://wisatamahakam.blogspot.com/2014/07/islamic-centre-masjid-megah-nan-indah.html Silahkan Di Baca Dan Di Lihat-lihat Mas :D

      Hapus
  5. Kapan yaa bisa main ke samarinda...
    Kehidupan beragamanya juga bagus ya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah Mas Toleransi Agama Nya Kuat Betul Mas Hehe.. Di Tunggu Ya Kunjungan Nya :D

      Hapus

 

Galleri Photo :

More

© Blog Created By : Reza Padillah 2014-2019